Selasa, 06 September 2011

Keuskupan Atambua


 
Keuskupan Atambua merupakan keuskupan sufragan dari Keuskupan Agung Kupang; wilayahnya meliputi 5200 km persegi mencakup Kabupaten Belu dan Timor tengah sebelah utara, berpusat di Atambua. Jumlah umat Keuskupan Atambua kini lipat dua dibanding data tahun 1970 setelah dipisahkan dengan Keuskupan Kupang, menjadi lebih dari setengah juta orang. 


 Katedral Atambua






Sejarah
Keuskupan Atambua mulanya didirikan sebagai Vikariat Apostolik Timor Olandese pada 25 Mei 1936,dipisahkan dari Vikariat Apostolik Isole della Piccola Sonda (Kepulauan Sunda Kecil). Pada tahun 1948 namanya diganti menjadi Vikariat Apostolik Atambua. Ketika hirarki Gereja Katolik di Indonesia didirikan oleh Paus Yohanes XXIII dengan konstitusi apostolik Quod Christus pada 3 Januari 1961, statusnya ditingkatkan menjadi diosis (keuskupan). Maka menjadi Keuskupan Atambua. Pada tahun 1967 dimekarkan menjadi dua keuskupan, yaitu Keuskupan Atambua dan Keuskupan Kupang.
Gembala
Vikaris Apostolik
*       Mgr Jacques Pessers SVD (1937-1961);
*       Mgr Theodorus van den Tillaart SVD (1957-1961)
Uskup
*       Mgr Th van den Tillaart SVD (1961-1984);
*       Mgr Anton Pain Ratu SVD (1984-2007);
*       Mgr Dominikus Saku (2007 -...) 
                               Uskup Domi Saku




Uskup Emiritus
Mgr. Anton Pain Ratu
 

Paroki
*       Paroki St Perawan Maria, Atambua (1926)
*       Paroki Atapupu (1883)
*       Paroki Gembala yang Baik, Alas (1975)
*       Paroki Besikama (1938)
*       Paroki St Maria Fatima, Betun (1914)
*       Paroki St Nikolas, Bijaepasu (1969)
*       Paroki St Michael, Biuduk-Foho (1959)
*       Paroki Bolan (1966)
*       Paroki St Perawan Maria, Eban (1949)
*       Paroki St Maria Regina Pacis, Fulur (1975)
*       Paroki St Odulfus, Halilulik (1918)
*       Paroki Kristus Raja, Haumeni (1984)
*       Paroki St Mikael, Kada (1959)
*       Paroki St Theresia, Kefamenanu (1937)
*       Paroki St Maria Penyelenggara Segala Rahmat, Kiupukan (1929)
*       Paroki Tritunggal Mahakudus, Kotafoun (1939)
*       Paroki St Petrus, Lahurus (1886)
*       Paroki St Petrus dan Paulus, Lurasik (1985)
*       Paroki St Yosef, Manamas (1964)
*       Paroki St Petrus Kanisius, Manufui (1939)
*       Paroki St Arnold dan St Yohannes Vianney, Maubesi (1937)
*       Paroki Raymundus Nonnatus, Mamsena (1975)
*       Paroki Nela (1971)
*       Paroki Hati Yesus yang Mahakudus, Noemuti (1925)
*       Paroki St Gerardus, Nualain (1939)
*       Paroki St Maria, Nurobo (1976)
*       Paroki St Maria Regina, Oeolo (1962)
*       Paroki Bunda Allah, Ponu (1976)
*       Paroki St Yosef, Seon (1939)
*       Paroki St Andreas Rasul, Tumbaba (1975)
*       Paroki Webriamatan (1966)
*       Paroki Theodorus, Weluli (1980)
*       Paroki Weoe (1985)
Referensi
*       KWI, Buku Petunjuk Gereja Katolik Indonesia
*       Dr. F. Hasto Rosariyanto, SY, (2001), Bercermin pada Wajah-wajah Keuskupan Gereja Katolik Indonesia, Kanisius.
St Laurentii Thriumph Crucifix.jpg 
Artikel bertopik Katolik ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Sumber terakhir tentang jumlah Paroki telah menjadi  sebanyak ini:
Paroki keuskupan Atambua dan Jadwal misa


1.      Katedral - St. Maria Imakulata Harian : 05.30 WITA Atambua, NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore : 18.00 WITA Minggu : 5.30, 08.00, 10.00       18.00 WITA (sore)   :  

2.       Paroki Kiupukan - St. Maria Penyelenggara Segala Rahmat Harian : 05.30 WITA Pos Kefamenanu, TTU-Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu : 07.00, 09.00 WITA        

3.      Paroki Lahurus - St. Petrus Harian : 05.30 WITA Lahurus-Atambua-Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu : 06.00, 08.30                

4.       Paroki Alas - Salib Suci Harian :   Pos Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

5.      Paroki Atapupu - St. Stella Maris Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

6.      Paroki Bakitolas - St. Yohanes Pemandi Harian :   TTU - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

7.      Paroki Besikama - St. Yohanes Pemandi Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

8.       Paroki Betun - St. Maria Fatima Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

9.      Paroki Bijaepasu - St. Nikolaus Harian :   Pos Kafamenanu - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

10.  Paroki Biudukfuho - St. Nikolaus Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

11.  Paroki Bolan - St. Simon Petrus Harian :   Pos Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

12.  Paroki Eban - St. Maria Diangkat ke Surga Harian :   Pos Kafamenanu - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

13.  Paroki Fafinesu - St. Antonius Padua Harian :   Pos Kafamenanu - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

14.   Paroki Futobenao - St. Agustinus Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

15.  Paroki Fatuketi - St. Maria Bunda Penebus Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

16.  Paroki Fatuoni - St. Fransiskus Xaverius Harian :   Pos Kafamenanu- Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

17.  Paroki Fulur - St. Fansiskus Xaverius Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

18.  Paroki Haekesak - St. Aloysius Gonzaga Harian :   Atambua - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

19.  Paroki Halilulik - Roh Kudus Harian :   Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

20.  Paroki Haumeni - Kristus Raja Harian :   Pos Kafamenanu - Timor-NTT Jumat Pertama :     Sabtu sore :   Minggu :          

4 komentar:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ibu salma ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon KI WARA dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi KI WARA dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan KI WARA saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja KI WARA di 0823=2221=4888 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya atau bisa juga anda.KLIK BOCORAN TOGEL JITU DISINI






      Saya ibu salma ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon KI WARA dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi KI WARA dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan KI WARA saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja KI WARA di 0823=2221=4888 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya atau bisa juga anda.KLIK BOCORAN TOGEL JITU DISINI

      Hapus
    2. ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_)Atau KLIK DISINI



      DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

      Hapus
    3. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus

Content